Rabu, 25 Oktober 2017

PKB



ABSTRAK



Sih Marliyatun, S.Pd. 196412021985082004. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament   Untuk Meningkatkan  Minat  Dan Hasil Belajar  Siswa  Dalam  Pembelajaran IPS  Materi  Keragaman  Suku  Bangsa Dan Budaya di Indonesia Siswa Kelas VA SDN VII Wonogiri Tahun Pelajaran 2016/ 2017 .
Tujuan penelitian tindakan kelas dengan penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT adalah 1) Dapat meningkatkan minat belajar siswa selama kegiatan pembelajaran, 2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa  tentang keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia di kelas VA Sekolah Dasar Negeri VII Wonogiri Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri Tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini didesain dalam dua siklus. Prosedur dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap : 1) perencanaan tindakan perbaikan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) analisis dan refleksi, 4) tindak lanjut.
      Keefektifan tindakan pada setiap siklus diukur  dari hasil observasi dan  tes tertulis. Data hasil observasi dideskripsikan, diinterpretasikan, kemudian  direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Data hasil tes tertulis dianalisis dengan cara mendeskripsikan nilai tes antar  siklus hingga hasilnya dapat mencapai batas tuntas  sesuai dengan indikator kinerja, yakni  1) Minimal nilai rerata 75, 2) Minimal 80% siswa memperoleh nilai 75 atau lebih sebagai batas tuntas hasil belajar.
      Penelitian tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus diperoleh hasil bahwa rerata minat siswa pada kondisi awal 67,2%, siklus I 80,2%, dan siklus II 86,3%. Hasil belajar pada kondisi awal 69,14 tingkat ketuntasan klasikal 40%. Pada siklus I, nilai rerata 83,14 tingkat ketuntasan klasikal 77,14.%. Pada siklus II, nilai rerata 88,29 tingkat ketuntasan klasikal 85,71%
Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Penerapan model TGT untuk meningkatkan minat siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri VII Wonogiri I Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2016/2017, sebesar 19,14%. 2) Model pembelajaran TGT dapat  meningkatkan hasil belaja pada siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri VII Wonogiri Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2016/2017  dengan kenaikan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 45,71 %.

Kata kunci : Model Pembelajaran TGT, Minat dan hasil belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar