ABSTRAK
Sunarsi.19620118
198806 2 002. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction ( TAI ) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar
Siswa Pada Materi Sistem Tata Surya di
Kelas VIB SD Negeri VII Wonogiri Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri Tahun
Pelajaran 2015/2016 .
Tujuan
penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Untuk menjelaskan penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI dalam
meningkatkan minat siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri VII Wonogiri Kecamatan Wonogir Kabupaten Wonogiri
Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Untuk
meningkatkan hasil belajar siswa tentang
sistem tata surya di kelas VIB Sekolah Dasar Negeri VII Wonogiri Kecamatan
Wonogiri Kabupaten Wonogiri Tahun pelajaran 2015/2016 dengan model TAI. Untuk
mencapai tujuan tersebut, penelitian ini didesain dalam dua siklus. Prosedur
dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap : 1) perencanaan tindakan perbaikan,
2) pelaksanaan tindakan, 3) analisis dan refleksi, 4) tindak lanjut.
Keefektifan tindakan pada setiap siklus
diukur dari hasil observasi dan tes tertulis. Data hasil observasi
dideskripsikan, diinterpretasikan, kemudian
direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya.
Data hasil tes tertulis dianalisis dengan cara mendeskripsikan nilai tes
antar siklus hingga hasilnya dapat
mencapai batas tuntas sesuai dengan
indikator kinerja, yakni 1) Minimal
nilai rerata 75, 2) Minimal 80% siswa memperoleh nilai 75 atau lebih sebagai
batas tuntas hasil belajar.
Penelitian tindakan yang dilakukan
sebanyak dua siklus diperoleh hasil bahwa rerata minat siswa pada kondisi awal
69,4%, siklus I 77,76%, dan siklus II 81,02%. Hasil belajar pada kondisi awal
64,67tingkat ketuntasan klasikal 40%. Pada siklus I, nilai rerata 77,67 tingkat
ketuntasan klasikal 70.%. Padasiklus II, nilai rerata 82 tingkat ketuntasan
klasikal 86,67%
Berdasarkan
tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Penerapan model TAI untuk meningkatkan minat siswa kelas
VIB Sekolah Dasar Negeri VII Wonogiri I Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri
Tahun Pelajaran 2015/2016, sebesar 11,62%. 2) Model pembelajaran TAI dapat meningkatkan hasil belaja
pada siswa kelas VIB Sekolah Dasar Negeri VII Wonogiri Kecamatan Wonogiri
Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2015/2016 sebesar 46,67 %.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar