Rabu, 25 Oktober 2017

PKB



ABSTRAK

Sunarsi.19620118 198806 2 002. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction ( TAI ) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Tata  Surya di Kelas VIB SD Negeri VII Wonogiri Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2015/2016 .
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Untuk menjelaskan penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI dalam meningkatkan minat siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri VII  Wonogiri Kecamatan Wonogir Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2015/2016.  2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa  tentang sistem tata surya di kelas VIB Sekolah Dasar Negeri VII Wonogiri Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri Tahun pelajaran 2015/2016 dengan model TAI. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini didesain dalam dua siklus. Prosedur dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap : 1) perencanaan tindakan perbaikan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) analisis dan refleksi, 4) tindak lanjut.
      Keefektifan tindakan pada setiap siklus diukur  dari hasil observasi dan  tes tertulis. Data hasil observasi dideskripsikan, diinterpretasikan, kemudian  direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Data hasil tes tertulis dianalisis dengan cara mendeskripsikan nilai tes antar  siklus hingga hasilnya dapat mencapai batas tuntas  sesuai dengan indikator kinerja, yakni  1) Minimal nilai rerata 75, 2) Minimal 80% siswa memperoleh nilai 75 atau lebih sebagai batas tuntas hasil belajar.
      Penelitian tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus diperoleh hasil bahwa rerata minat siswa pada kondisi awal 69,4%, siklus I 77,76%, dan siklus II 81,02%. Hasil belajar pada kondisi awal 64,67tingkat ketuntasan klasikal 40%. Pada siklus I, nilai rerata 77,67 tingkat ketuntasan klasikal 70.%. Padasiklus II, nilai rerata 82 tingkat ketuntasan klasikal 86,67%
Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Penerapan model TAI untuk meningkatkan minat siswa kelas VIB Sekolah Dasar Negeri VII Wonogiri I Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2015/2016, sebesar 11,62%. 2) Model pembelajaran TAI dapat  meningkatkan hasil belaja pada siswa kelas VIB Sekolah Dasar Negeri VII Wonogiri Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2015/2016  sebesar 46,67 %.

Kata kunci : Model Pembelajaran TAI, Minat dan hasil belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar